Rabu, 22 Oktober 2014

Kuliner Pekalongan - Garang Asem H.Masduki

Pekalongan engga cuma batiknya aja yg terkenal, kota inipun terkenal dengan kulinernya. Salah satu kuliner yang menjadi andalan kota ini adalah Garang Asem H.Masduki. Garang Asem H.Masduki punya 2 cabang, satu di jalan Jend.Sudirman dan satu lagi di Alun-Alun Pekalongan. Kali ini ane nyoba yang di jalan Jend Sudirman. Di cabang ini konsep restonya bernuansa tempoe doeloe, jadul2 gitu dan dilengkapi dengan fasilitas hotspot.
 
 

Setelah melihat menu ane putuskan buat pesan Garang Asem (18k), Nasi Ayam Opo (19k), Susu Panas (4.5K), Teh Manis Panas (2.5k). Sebenernya Garang Asem ini hampir mirip dengan rawon. Cuma bedanya kuah Garang Asem ini lebih seger karena paduan asem, manis dan pedasnya itu pas banget. Ada potongan tomat dan cabe rawit di dalem kuahnya yang bikin tambah maknyuss. Buat menambah ke "khas"an Garang Asem kita perlu mengganti nasi putihnya dengan nasi megono. Nasi megono itu nasi putih yang ditemani oleh Megono yang terbuat dari gori atau nangka muda yang dicincang kasar dan dicampur dengan ampas kelapa berbumbu kencur. Jadi nasi megono + garang asem = walahhhh top markotop!!! :p


Karna penasaran ane juga memesan Ayam Opo. Rasa Ayam Opo ini sebenernya hampir sama dengan Garang Asem, bedanya kalo Ayam Opo kuahnya lebih bening karna engga pake kluwak.

Garang Asem

 
Ayam Opo

Nasi Megono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar